5 Tips Mengatasi Stress Kerja Agar Terhindar Dari Kepenatan

Tips mengatasi stress kerja harus diketahui khususnya oleh masyarakat yang aktivitas pekerjaannya sangat instens. Bekerja memang memiliki tujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup sendiri atau keluarga. Namun tuntutan pekerjaan yang terlalu tinggi atau tantangan yang terlalu banyak dapat membuat seseorang mengalami tekanan dan akhirnya stress. Banyak sekali penyebab stress kerja antara lain beban kerja yang berlebihan, mendapat bully-an dari teman kerja, atasan yang terlalu kaku hingga memperoleh kekerasan fisik.

5 Tips mengatasi stress kerja sebagai karyawan

Akibat dari stress bekerja dapat membuat seseorang melakukan banyak hal negatif dan justru mengubah gaya hidupnya menjadi tidak sehat. Beberapa hal yang sering dilakukan orang yang menderita stress saat kerja antara lain menjadi banyak makan dan ngemil, melewatkan waktu makan karena nafsu makan sangat menurun, intensitas merokok meningkat hingga mengkonsumsi alkohol.

Supaya terhindar dari stress kerja, ikuti beberapa tips dan cara mengatasi stress kerja pada karyawan:

  1. Sampaikan apa yang dirasakan pada atasan
    Memang bagi banyak karyawan bicara pada atasan menyampaikan cerita atau curhatan kecil adalah hal yang cukup canggung. Namun, langkah ini sangat baik untuk dilakukan ketika Anda merasa stress. Sampaikan pada atasan tentang masalah yang dialami dan yang membuat Anda stress. Sebagai karyawan, Anda berhak mengutarakan pendapat serta berhak menyampaikan keberatan atas kondisi yang terjadi di kantor. Bahkan Anda dapat menolak atau menyatakan keberatan atas pekerjaan yang diberikan jika memang sudah kelewatan batas.

    Apalagi jika pekerjaan yang diberikan di luar tanggung jawab Anda, maka harus sampaikan masalah atau keberatan tersebut kepada atasan. Namun persiapkan solusi sebagai alternatif penyelesaian masalah supaya atasan tidak mengalami kekecewaan. Atasan yang bijaksana akan benar-benar mengerti dan memahami masalah yang bawahannya alami dan memberikan solusi yang tepat untuk membantu mereka.

  2. Lakukan meditasi

    Supaya dapat terbebas dari stress karena pekerjaan, meditasi sangat baik dilakukan. Meditasi dengan melakukan yoga adalah cara mengelola stress dalam pekerjaan yang sangat tepat. Walaupun mungkin banyak di antara Anda tidak terbiasa dengan meditasi dan yoga, namun sangat disarankan untuk dilakukan agar terhindar dari stress. Meditasi dengan melakukan yoga mampu memberikan efek positif tidak hanya untuk raga namun juga kesehatan jiwa. Yoga mampu menumbuhkan rasa ketenangan, kedamaian dan keseimbangan. Perlu diperhatikan bahwa ketika melakukan meditasi, lebih fokuskan perhatian serta tenangkan pikiran. Tinggalkan segala masalah serta stress yang memenuhi kepala.

  3. Kenali batas kemampuan yang Anda miliki
    Tips yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengenali sendiri batas kemampuan yang sebenarnya ada di dalam diri Anda. Jangan paksakan diri untuk mampu menyelesaikan seluruh beban pekerjaan padahal kemampuan diri memang tidak sampai. Mengerjakan sesuatu sesuai prosi dan kemampuan tentunya dapat mengurangi bahkan menghindarkan Anda dari stress. Perhitungkan lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. dengan begitu, Anda akan terbebas dari kelelahan yang berlebihan yang dapat memicu stress.
  4. Istirahat dan lupakan sejenak pekerjaan
    Cara mengatasi tekanan dalam bekerja yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah dengan beristirahat sejenak. Langkah ini perlu dilakukan ketika kondisi sudah berada di puncak kelelahan. Jika kondisi dibiarkan seperti itu bukan tidak mungkin akan melebar ke urusan lain hingga kehidupan pribadi. Ketika tahapan ini sudah memuncak, maka yang wajib dilakukan adalah beristirahat sejenak. Kosongkan satu dua hari untuk benar-benar lupa dan terbebas dari beban pekerjaan. Beristirahatlah atau lakukan hal-hal yang membuat bahagia sehingga Anda dapat tertawa. Secara psikologis, melakukan hal-hal yang menyenangkan dan membuat tertawa sangat baik dan berdampak positif bagi kesehatan tubuh dan jiwa.
  5. Pergi rekreasi
    Jika beristirahat atau melupakan sejenak tentang pekerjaan belum dapat menghilangkan stress, maka yang perlu dilakukan adalah pergi piknik atau rekreasi. Rekreasi dapat membuat otak menjadi refresh kembali. Jika pikiran atau otak sudah refresh, maka kosentrasi untuk melanjutkan pekerjaan di hari berikutnya pun akan lebih maksimal lagi. Pilihlah hari dan waktu yang tepat untuk refreshing ke tempat-tempat baru untuk memperoleh pengalaman baru.

Demikianlah daftar tips mengatasi stress kerja yang dapat dilakukan dengan mudah. Bekerja harus dilakukan dengan penuh semangat, tanggung jawab dan ikhlas. Stress yang dirasa dapat membuat pekerjaan bukannya berhasil namun justru semakin kacau.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *